BESARAN-BESARAN FISIS


Pembentuk utama fisika adalah besaran-besaran fisis yang dipakai untuk menyatakan hukum-hukum fisika.  Kita menyatakan bahwa suatu besaran fisis telah terdefinisi, misalnya massa. Sebelumnya kita telah belajar mengenai besaran dan satuan saat SMA. Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, dihitung, serta memiliki nilai dan satuan. Ini berarti kita telah memiliki standar untuk mengukur besaran tersebut, misalnya standar untuk massa adalah kilogram.  Kita dapat mendefinisikan kilogram dalam berbagai cara yang dikehendaki, yang terpenting adalah bagaimana cara mendefinisikannya secara praktis dan dapat diterima secara internasional. 
Masalahnya adalah ada banyak besaran fisis yang terkadang saling bergantungan satu sama lainnya sehingga pengaturannya menjadi sulit. Dari sinilah timbul pertanyaan berapa buah besaran dasar yang harus dipilih? Besaran-berasan mana yang harus dipilih? Siapa yang harus melakukan pemilihan?
Dua pertanyaan pertama dapat dijawab langsung, yaitu kita harus memilih sesedikit mungkin besaran tetapi yang dapat memberikan gambaran lengkap dan sederhana tentang fisika. 
Jawaban untuk pertanyaan ketiga bergantung kepada perjanjian internasional.  Semula hal ini dipegang oleh Lembaga Berat dan Ukuran Internasional yang terletak di dekat Paris dan didirikan pada tahun 1875.  Badan ini berhubungan dengan semua laboratorium standar di seluruh dunia, misalnya dengan laboratorium standar di Amerika, Lembaga Standar Nasional.  *Secara berkala Konferensi Umum mengenai Berat dan Ukuran, suatu badan internasional, mengadakan pertemuan untuk membuat resolusi dan rekomendasi.  Pertemuan pertama diadakan tahun 1889 dan pertemuan keempat belas tahun 1971. Standar yang dibuat mempunyai sifat tidak berubah (invariable).
Referensi lain menyebutkan Penetapan satuan SI dilakukan oleh CGPM, yaitu suatu badan yang bernaung di bawah organisasi Internasional Timbangan dan Ukuran (OIPM-Organisation Internationale des Poids et Measures ). Tugas badan ini adalah mengadakan konferensi sedikitnya satu kali dalam enam tahun dan mengesahkan ketentuan baru dalam bidang metrologi dasar.
*Lihat “Standards of measurement,” Allen V. Astin, Scientific American, June 1968, dan “A Short Histiry of Measurement Standards at the national Physical Laboratory,”H. Barrel, Contemporary Physics, 9, 205  (1968)
Sumber: Halliday, David. 1977. Fisika Edisi Ke-3 Jilid 1. Jakarta:Erlangga
                Kanginan, Marthen.2007.Fisika SMA kelas Semester 1. Jakarta:Penerbit Erlangga

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© MOCIKUEDU | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger