Rabu, 22 Juni 2016

AMKAI dan Seputar Unsri

Semangat!!! Melanjutkan beres-beres, yang bisa saya share selanjutnya..

Pertama kali daftar ulang, ini kampus apa hutan ya? Tanah Unsri Indralaya yang luas memungkinkan banyak lahan kosong menjadi hutan. Ada kera, sapi, kerbau, bangau, juga pernah babi hutan masuk kampus. Terlebih saat pertama masuk kuliah pun saya disuguhkan sebuah insiden besar di kampus, tepatnya di fakultas kami, FKIP, di depan mata hampir 540 mahasiswa, 18 Agustus 2011. Akhirnya P2K (dulu OSPEK) kami tak dapat kami, para maba, nikmati. Walau begitu, masih tersisa beberapa memori indah penerimaan maba. 

Kami disambut dengan baik oleh Mbak-Mbak manis berjilbab panjang dan dituntun ke beberapa stan organisasi yang ada di kampus, mulai dari tingkat jurusan, fakultas, universitas, juga beberapa organisasi kedaerahan. Tiap stan memberi banyak informasi sesuai dengan kepentingan masing-masing dan cinderamata (pin, stiker, gantungan kunci, pamflet, buklet, permen, dll). 

Oke, lanjut ke intinya, tentang AMKAI. Apa sih AMKAI? AMKAI merupakan singkatan dari Asistensi Mata Kuliah Agama Islam. AMKAI diadakan setiap satu tahun sekali dan harus diikuti oleh setiap mahasiswa baru yang muslim. Kok diwajibkan? Karena AMKAI merupakan syarat wajib mengikuti UAS mata kuliah Agama Islam. Kegiatan AMKAI memiliki bayak manfaat, diantaranya materi islami, seminar, muhasabah, doorprize, temennya banyak, tambah gaul tapi syar'i, dan buat yang cewek tambah cantik (dihadapan Allah loh..). AMKAI memiliki kaitannya denga MENTORING. AMKAI adalah gerbang menuju MENTORING karena setelah mengikuti kegiatan AMKAI, mahasiswa akan dibagi ke dalam beberapa kelompok MENTORING.  

Lha? Terus MENTORING itu apa? MENTORING merupakan kegiatan belajar mengajar dimana materi yang diajarkan fokus tentang pengetahuan islam dan kegiatannya berlangsung satu semester. MENTORING biasanya dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil dengan satu pengajar. Melalui mentoring kita akan mendapatkan sertifikat MENTORING sebagai syarat agar dapat mengikuti ujan mata kuliah agama islam, keren kan? Nah.. jadi, jangan nggak ikut ya? Dijamin rugi kalau nggak hadir ^_^

Nah fren, kalian tahu nggak kalau Unsri punya dua buah kampus, satu di Indralaya (Ogan Ilir) dan satu lagi di Bukit Besar (Palembang). Kampus Bukit Besar, Plembang, luasnya 32,5 ha, dimanfaatkan untuk kegiatan akademik S1, S2, dan S3, juga diperuntukkan bagi Program Ekstension S1 dan Program Pasca-Sarjana. Kampus utama berada di Indralaya dengan luas 712 ha (38 km ke arah selatan kota Palembang), merupakan pusat kegiatan pendidikan jenjang sarjana (S1).

Unsi punya 10 Fakultas: Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Teknik (FT), Fakultas MIPA (FMIPA), Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Ekonomi (FE) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Hukum (FH). Jaraknya, nggak jauh dan nggak deket, kalau jalan kaki keringetan, kalau naik angkot kuning deket, hihi.

Beberapa Organisasi tingkat Universitas: BEM KM Unsri, DPM Unsri, KSU-Uread, NADWAH (Wahana Dakwah Islamiyah), dll. Beberapa Organisasi tingkat fakutas: BEM KM di masing-masing fakultas, DPM di masing-masing fakultas, Mapala di tiap fakultas, dll. Organisasi tingkat jurusan: berbagai macam himpunan mahasiswa tiap jurusan (banyak). Beberapa LDF di Unsri: (FT:B.O Keluarga Mahasiswa Islam (KALAM), FMIPA: B.O Lembaga Kerohanian Islam (LKI), Fasilkom: B.O Wahana Islam Fakultas Ilmu Komputer (WIFI), FP: Baan Wakaf dan Pengkajian Islam (BWPI), FKIP: B.O Barokah, FE: B.O Islam Economic Studies (I-Cost), FISIP: B.O Wahana Kerohanian Islam (WAKI), FH: B.O Ramah, FKM: Badan Kajian Muslim (BKM) Adz-Dzikra, FK: Badan Pengembangan Potensi Muslim (BPM) Ibnu Sina.). Organisasi kedaerahan: ISBA (Bangka Belitung), PERMATO (Sumatera Barat), IKAMALA (Lahat), IMMETA (Muara Enim-Tanjung Enim), dll. Juga Komunitas seperti Taekwondo, Paduan Suara (BELLASARIO), Teater (GABI), Seni Tari, English Club, dll, banyak deh pokoknya. Dijamin bisa ngembangin bakat kalian deh.

Untuk menunjang aktivitas pendidikan dan kenyamanan belajar civitas akademika, Unsri memiliki beberapa fasilitas, yaitu: 1. Musholla (Ibnu Sina: FK, Adz-Dzikra: FKM, 'Alamul Iman: FT, Al-Mukhlis:FMIPA, WIFI:Fasilkom, Ulil Albab: FP, Al-Barokah:FKIP, Ukhuwah:FE, Al-Islah:FISIP, Al-Mitzanul Haq:FH), 2. Masjid Al-Ghazali (letaknya di pelosok, dekat dengan rusunawa, tapi rame banget kalo lagi sholat Jum'at), 3. Auditorium (Ini salah satu gedung termegah di Unsri. Biasa digunakan untuk even-even besar seperti PMB, wisuda, grand opening AMKAI, dsb.), 4. Net Center dan Perpustakaan (Sekarang namanya Student Center, letaknya dekat dengan gerbang belakang Unsri, makin kece aja nih gedung. Disini kita bisa cari tugas gratis! wifi kenceng (lebih kenceng di rektorat sih, kan banyak yang makek), terus sekarang segala aktifitas organisasi kampus ditempatkan di sana, kece!), 5. Rusunawa (ini rusun apa partemen mahasiswa?), 6. Terminal Trans Musi di setiap fakultas (buat yang nggak mau panas-panasan or ampit-ampitan pake bus umum, ini salah satu solusinya, Trans Musi! murah dan nyaman (terakhir naik TM harganya 8.500 rupiah), 7. Ruang kuliah yang luas dan full AC, dll.

Nah, sekarang kita kenal lebih dekat dengan Indralaya atau lebih sering dipanggil Layo. Pernah dengar tentang Layo? Kalau belum, ketahuilah teman-teman sedang terdampar di kota metropolis bernama Layo. Eh, yang udah tau pada protes kayaknya. Yup, walaupun begitu, mulai sekarang kita harus belajar bermukim di sana. Lingkungan yang sering disebut KOTA SANTRI ini kudu kita kenal, biar nggak nyasar, hehe. Beberapa fasilitas umum yang berhubungan secara langsung ataupun tidak dengan hajat hidup kita semasa kuliah adalah sebagai berikut: 1. Pasar (ini buat calon ibu-ibu alias mahasiswi yang doyan masak. Ada dua pasar yang lumayan gede di sana, Pasar Timbangan dan Pasar Indralaya, naik aja angkot kuning, dijamin nggak nyasar kalau udah titip pesen ke mamang supirnya turun dimana. Nah, di pasar Indralaya ada lagi yang namanya Pasar Kalangan (buka hanya hari selasa dan kamis), ada juga pasar pagi yang hanya buka sampai jam 11 pagi), 2. PLN (pernah mengalami mati lampu secara tiba-tiba? itu bukan sulap, mungkin kalian udah 3 bulan nggak bayar listrik gara-gara bingung mau bayar listrik kemana. Nggak usah bingung, PLN pusat ada di daerah komplek perumahan TPI, yang online juga udah banyak kan sekarang?), 3. Terminal (Ada dua terminal, di Timbangan (KM 32) dan di Kampus (dekat FKIP), berniat jadi kenek? cari aja bus atau angkot buruan ntar ketinggalan), 4. Bank dan ATM (ini pasti dicari-cari saat awal bulan, tenang ada banyak, di kampus juga ada Bank Sumsel Babel plus ATM, Bang BNI plus ATM, ATM mandiri), di Timbangan (ATM Mandiri, Bank Sumsel Babel plus ATM, Bank BRI lus ATM), di Muhajirin (Banh Mandiri plus ATM, ATM Sumsel Babel, ATM BRI), di Griya Cipta Utama (Bank Sumsel Babel plus ATM) dll), 5. SPBU (buat yang bawa kendaraan pribadi nggak usah hawatir ada dua kok, satunya tetanggan ama kampus, satunya lagi di daerah perumahan TPI, nyantai aja, 24 jam!).

Fiuh.. untuk lebih lengkapnya browsing aja ya di website di bawah , maaf atas segala kekurangan:

2 komentar:

  1. Kak, saya mau nanya, di unsri ada prodi geografi nggak? Soalnya aku cari dari satu artikel ke artikel lainnya beda2 kak, ada yang nyantumin prodi geografi ada juga yg gk nyantumin. Jadi yg bener yg mana kak?
    Maaf kak kalok kepanjangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai new sam. Wah, minat masuk pend. Geografi? FYI, FKIP Unsri utk thun ini belum buka prodi tsb. Informasi lebih akurat silahkan buka web resmi (http://www.unsri.ac.id/) terus klik fakultas dan pilih nama fakultas yg kamu inginkan (exp: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), ntar muncul info fakultas, jurusan, dan prodi pd fakultas yg bersangkutan beserta web tiap fakultas dan no resmi yg bisa kamu hubungi. Gitu new sam. Semoga masuk jurusan yg kamu inginkan.

      Hapus