Senin, 11 Januari 2016

Sikap Lemah Lembut dalam Setiap Persoalan

Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Suatu hari sekelompok orang Yahudi mendatangi Rasulullah SAW dan berkata," Assaamu 'alaika (semoga kematian menimpamu)."

Beliau hanya menjawab," Wa'alaikum ( semoga itu pula yang menimpa kalian)."

Akan tetapi Aisyah tidak bisa menahan kemarahan. Ia berkata," Wa'alaikumus-sam wal-la'nah (semoga kematian dan laknat menimpa kalian)."

Mendengar jawaban Aisyah itu, Rasulullah menegurnya,

"Perlahan, wahai Aisyah. Sungguh, Allah menyukai sikap lemah lembut dalam setiap persoalan." (HR. Bukhari, Muslim, dan Tirmidzi)

Pernah pula Aisyah kehilangan sesuatu. Ia pun berdo'a agar orang yang mencurinya celaka. Maka Rasulullah SAW berkata kepadanya,

"Jangan kau ringankan dosanya (dengan do'a burukmu itu)." (HR. Ahmad, Abu Dawud, Nasa'i, dan Thabrani)

Suatu hari, Aisyah hendak melakukan perjalanan bersama Rasulullah SAW. Tiba-tiba Aisyah melaknat unta yang ditungganginya. Maka Rasulullah SAW memerintahkan agar unta itu dikembalikan. Beliau berkata,

"Aku tidak ingin melakukan perjalanan bersama sesuatu yang terlaknat." (HR. Ahmad dan Haitsami)

 Adalah sebuah kenyataan yang mudah dilihat bahwa kebanyakan manusia, khususnya perempuan, terbiasa meremehkan dosa-dosa kecil. Rasulullah SAW pun menyadari betapa berbahayanya hal itu. Rasulullah SAW berpesan kepada Aisyah,

"Wahai Aisyah, hindarilah dosa-dosa kecil karena ia pun akan dituntut dihadapan Allah SWT." (HR. Ahmad, Darimi, dan Thabrani)

Suatu saat dihadapan Rasulullah SAW Aisyah pernah menggambarkan postur tubuh seorang perempuan yang pendek. Maka beliau menegurnya dan menyatakan bahwa hal itu termasuk ghibah. (HR. Ahmad dan Baihaqi)

Ummul Mu'minin Shafiyyah r.a. merupakan seorang perempuan yang berpostur tubuh pendek. Aisyah pernah memberi isyarat dengan tangannya untuk menunjukkan postur tubuh Shafiyyah yang pendek itu. Maka Rasulullah SAW bersabda,

"Engkau telah melontarkan sebuah kata yang jika kata itu dicampurkan ke dalam air laut, maka ia akan menyebabkan seluruh lautan menjadi keruh."

Aisyah berkata," Wahai Rasulullah, aku hanya mencoba menggambarkan bentuk tubuh seseorang kepadamu."

Rasulullah SAW menjawab,

"Aku tidak suka menggambarkan sifat seseorang sementara di dalm diriku terdapat sesuatu." (HR. Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ahmad)

Walloohu a'lam bish-showaab..

Sumber: An-Nadawi, Sulaiman. 2007. Aisyah-The True Beauty. Jakarta: Pena Pundi Aksara

0 komentar:

Posting Komentar